Swakelola Apakah Ada Penyedia

29 thoughts on “Swakelola Apakah Ada Penyedia

  1. asmukum.Met Malam Pak.moga sehat dan sukses
    saya ingin bertanya :
    Pada tahun anggaran 2019 ini di bidang saya 9 Prasarana dinas Perhubungan )ada pengadaan pagar Pengaman Jalan ( Deliniator ) dengan nilai Rp.10.000.000,- disini ada 2 item pertama pengadaan deliniatornya ( pengadaan barang )dan kedua tentu ada pemasangan di pinggir jalan.
    pertanyaan saya :
    1. Apakah Pelaksanaannya dilakukan oleh rekanan atau bisa dilaksanakan sendiri.
    2.Pemasangan tersebut apakah termasuk pelaksanaan kontruksi
    3.Mohon Saran dari bapak agar kami dalam pelaksanaannya tidak menyalahi arutan. TERIMA KASIH

    1. 1. Delianator adalah pemilihan penyedia sedangkan pemasangan bisa dilakukan dengan tenaga internal pns jika memang ada yang mampu dan bisa diswakelola.
      2. pemasangan deliniator jika merupakan bagian definisi bangunan maka konstruksi tapi jika tidak maka masuk jasa lainnya.
      3. Lihat angka 1

  2. Untuk program & kegiatan tsbt bisa dilaksanakan dgn sistem swakelola ;
    dgn cattan sbb;
    – program tsbt sudah dimasukan pd
    DPA utk dilaksanakan secara swakelola (dgn alasan tenaga2 utk melaksanakan ada &kompeten).
    – mengenai pengadaan material & peralatan2 yg di butuhkan ttp dilaksanakan secara pemilihan langsung ,(tugaskan PP,PPK,Pptk,pphp tuk prosedur pengadaan peralatan/barang,material).
    -bentuk tim Teknis tuk pelaksanaannya.
    – pengadaan peralatan/barang,material menggunakan dari 200 jt Kontrak.
    * Demikian sepengetahuan saya,,,,,mohon maaf kalau tdk sesuai dgn aturan *
    # mungkin ada pendapat yg lain ?#
    ***Sekian *****.😃😃

  3. assalamualaikum…..
    di ktr saya ada kegiatan pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional.
    pekerjaanx klo ada mobil dinas yg rusak kami lsg servis di bengkel. itu masuk katagori swakelola atw penyedia……
    mohon pencerahanx pak…

  4. Mohon pencerahan pak
    bagaimana cara pengadaannya :
    Contoh paket : suku cadang excavator senilai 500 juta.tahun anggaran 2019
    di adakan secara bertahap/tidak sekaligus karena menyesuaikan dengan kebutuhan atau tergantung dari kerusakan/pergantian suku cadang excavator.
    apakah metode pencatatan di SPSE (akun PPK) menggunakan pencatatan non tender atau pencatatan swakelola ?
    di aplikasi SIRUP paket tersebut terdaftar di bagian penyedia.

    1. Menurut saya, baiknya karena nilai paketnya sdh di atas 200 jt, mestinya harus ditenderkan, soal penyesuaian kuantitas barang sesuai kebutuhan di lapangan, dapat disiasati dengan jenis kontrak Harga Satuan, sehingga nilai akhir kontrak yg akan dibayarkan kepada penyedia, tergantung dari berapa banyak barang yg disediakan sampai dengan masa berakhirnya kontrak.. mohon maaf kalo salah mohon di koreksi..🙏🏻🙏🏻

  5. Selamat sore pa Syamsul..sy mau bertanya di tahun ini ada pekerjaan monitoring kesehatan terumbu karang, dan dilakukan swakelola, di dinas kami ada 2 orang PNS yg memiliki sertifikat kompetensi sebagai penilai kondisi terumbu karang, dan tinggal mbutuhkan 2 tenaga lagi untuk melancarkan kegiatan ini,, apakah swakelola dapat dilaksanakan oleh dinas? Terima kasih

  6. Assalamualaikum….mohon pencerahannya, kmi mempunyai pek swakelola type I, pemeliharaan saluran, sistem pembayaran dapat dlm bentuk daftar hadir atau borongan…yang ingin sya tanyakan…bagaimana yg dimaksud dg sistem borongan, dan contoh penerapannya pada pekerjaan jenis apa pak ? trks🙏…

    1. Pak Ade Lesmana dalam Kegiatan Swakelola utamanya adalah personil internal yang dibayar dengan standar honorarium baik umum maupun khusus. Untuk borongan identik dengan Upah sehingga saya menduga yang mengerjakan bukanlah pegawai internal KLPD, untuk ini harus ada perikatan dalam rangka pembayarannya. Perikatan paling sederhana adalah berupa perikatan kerja borongan yang setara dengan SPK atau bahkan SPK. Dengan demikian pekerjaan yang diborongkan adalah pemilihan penyedia dalam swakelola.

  7. Pak samsul, untuk pengadaan yang memakai jasa penyedia di dalam swakelola apakah pagunya dipisah dari pagu kegiatan atau tidak, misal kegiatan sosialisasi pagu 40.000.000, di dalam pagu itu ada honorarium, atk, makan minum, cetak, dll, nah bila atk ada pagu 5.000.000, apakah ketika mengisi pagu pada kegiatan sosialisasi langsung 40jt atau 35jt, mengingat dalam sosialisasi itu ada penyedia 5jt, moga bisa di pahami, mohon pencerahan

  8. Selamat Pagi Pak Samsul
    terkait DAU Tambahan atau Dana Kelurahan apakah dilaksanakan dengan swakelola atau dengan penyedia atau bisa kedua-duanya. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.