Contoh Dokumen Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Perpres 16/2018

Rangkaian Cafe2Cafe Pengadaan disupport penuh oleh Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Banjabaru bekerjasama dengan Forum Diskusi Pengadaan Barang/Jasa Kalimantan Selatan akhirnya membuahkan hasil kerja yang nyata.

Tersusunnya Contoh Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk Pekerjaan Konstruksi Sederhana menggunakan Metode e-Tender Pascakualifikasi, Satu File, Sistem Biaya/Harga Terendah Non KSO dan Preferensi adalah hasil kerja keras bersama peserta Cafe2Cafe Pengadaan yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2018 di Cafe Wadah Kawan Kota Banjarbaru. Source awal dokumen menggunakan format CDP Karya Bapak Khalid Mustafa.

Finalisasi Dokumen dilakukan secara redundan melalui group WA Forum dikoordinir Samsul Ramli dan Gusti Noviar Kusuma. Setelah lebih dari 2 Minggu dilakukan pembahasan dan review, Contoh Dokumen Pengadaan (CDP) diputuskan untuk dibagi secara luas. Dengan harapan dapat menjadi bahan diskusi, pembelajaran semoga dapat menjadi alat bantu bagi para pelaku pengadaan, khususnya terkait pekerjaan konstruksi sederhana, dalam menyusun Dokumen Pengadaan yang implementatif dan akuntabel.

Publik dipersilakan melakukan editing, perubahan, copy dan paste secara sebagian atah bahkan keseluruhan. Sesuai dengan etika publikasi maka diharapkan kepada para pihak yang melakukan editing atau koreksi dapat menyertakan keterangan sumber dasar CDP ini untuk kemudian memberikan salinan sebagai bahan penyempurnaan dimasa yang akan datang, melalui email : cafe2cafepengadaan@gmail.com . Tentu dan pasti CDP ini terdapat kekurangan semoga tetap dinilai baik sebagai ikhtiar bersama.

Akhirul kalam dengan ini kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselesaikannya dokumen ini yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Semoga menjadi amal baik buat kita semua. Demikian persembahkan hasil ikhtiar bersama berupa Contoh Dokumen Tender Secara Elektronik Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Metode Tender  Pascakualifikasi, Satu File, Harga Terendah, Kontrak Gabungan Lum Sum dan Harga Satuan. Edit 12 Agustus 2018

10 thoughts on “Contoh Dokumen Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Perpres 16/2018

  1. Pak Samsul, kalau berdasarkan keputusan Deputi II, Penyesuaian SDP hanya masalah nama dan teks, seperti Pokja ULP menjadi Pokja Pemilihan, Lelang menjadi Tender. Kalau perubahan seperti SDP Konstruksi ini hanya bisa dipakai di SPSE Versi 3.6 Pak sementara banyak daerah sudah menggunakan SPSE versi 4.2 yang juga berpengaruh terhadap RAD PPK. Bagaimana solusi terbaik pak, kalau memang SDP kita sesuaikan dengan Perpres 16 dan Perlem 9/18 (untuk contoh SDP pada artikel ini kita yakin sudah cocok pak), tidak tertutup kemungkinan ada pemahaman Pokja yang terlewat/tidak sesuai dengan peraturan terbaru. Ataukah kita tetap full saja pakai SDP Perpres 54 sampai ada SDP baru pak ?

  2. AlhAlhamdulil, ini yang saya cari, terima kasih pak Samsul.
    Kalo boleh, saya nitip sendal y pak, nunggu CDP seleksi ….. Hehe….

      1. terima kasih pak.. untuk dokumen yang bapak buat ini berarti masih mensyaratkan SKP ya pak? karena dalam perpes 16 sepengetahuan saya tidak tidak SKP. mohon penjelasannya.. pemahaman saya pada perpres 16 tahun 2018 ini, untuk tender konstruksi merujuk pada berdasarkan ketentuan peraturan
        Perundang-undangan di bidang Jasa Konstruksi beserta pedoman pelaksanaan yang ditetapkan oleh Menteri yang membidangi JasaKonstruksi. apakah benar pemahaman tersebut? mohon penjelasannya.. terima kasih

        1. Perpres 16/2018 menyerahkan sepenuhnya tata cara pekerjaan konstruksi kepada regulasi UU Jasa Konstruksi (2/2017) yang digawangi oleh Kementerian PUPR. Jadi sampai saat ini ketentuan tentang SKP, KD dan lainnya masih mengacu pada Permenpu 31/2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *