Swakelola dan Persiapan Pemilihan Penyedia

P54 Update copy

Pasal 26

 (2) Pekerjaan yang dapat dilakukan dengan Swakelola meliputi:

a.     pekerjaan yang operasi dan pemeliharaannya memerlukan partisipasi langsung masyarakat setempat atau dikelola oleh K/L/D/I;

Pasal ini memasukkan klausul pekerjaan operasi dan pemeliharaan baik yang dikerjakan oleh kelompok masyarakat setempat atau langsung dikelola oleh K/L/D/I dalam kriteria pekerjaan yang dapat dilakukan dengan swakelola.

Pasal 33 ayat 2

(2)   Proses persiapan pemilihan Penyedia Barang/Jasa dilakukan setelah Rencana Umum Pengadaan ditetapkan

Ayat ini menegaskan bahwa Rencana Umum Pengadaan adalah proses awal. Sehingga proses persiapan pemilihan penyedia tidak bisa dilakukan sebelum penetapan RUP.

4 thoughts on “Swakelola dan Persiapan Pemilihan Penyedia

  1. pasal ini mudah dicerna tapi punya masalah tersendiri saat dlm proses pengakuan aset daerah, contoh kegiatan pembuatan jalan yg dikerjasamakan dg pihak PNPM dikampung saya, danaya 350jt, dana sharing dari Pemda 75jt dan sisanya milik PNPM, na yg menjadi masalah kemudian adalah ktika bidang pengelolaan aset meminta data fisik yg terealisasi dr dana 75jt itu, ternyata oleh pihak PNPM mengatakan bahwa dana tersebut tdk berbentuk fisik tapi hanya sebagai dana operasional honor dll oleh pelaksana, trus pengakuan asetnya gimana dong?? krn di SKPD pemberi dana sharing ke PNPM ditempatkan diposisi belanja modal yg tentunya harus dicatat sbg aset Pemda, kan.. (mohon maaf kalo isi pasal swakelola ini tdk sesuai dg analisa ttg pemberian dana pendamping ke PNPM yg sy maksud)..

    1. Sependek yang saya tahu dana PNPM adalah BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) yang masuk dalam kategori Belanja Bantuan Sosial atau Hibah. Sehingga tidak masuk dalam belanja modal. Hasil-hasil kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan yang berupa prasarana, simpan pinjam, dan kegiatan bidang pendidikan dan kesehatan merupakan
      aset bagi masyarakat yang harus dipelihara, dikembangkan, dan dilestarikan oleh kelompok masyarakat setempat. Jadi menurut saya tetap sesuai dengan pasal ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *